Minggu, 20 Maret 2011

Manfaat Ikan Bagi Penderita Postpartum


Ibu hamil dan bayi sama-sama membutuhkan asam lemak omega-3. Jika bayi membutuhkan untuk pertumbuhan otak dan mata, sang ibu memerlukan zat ini sebagai dasar mencegah terjadinya depresi postpartum. Dengan mengkonsumsi ikan, kebutuhan tersebut dapat dipenuhi ibu dan bayi.
Menyembuhkan ibu hamil dari depresi pasca melahirkan, bukan saja memerlukan terapi kelompok dengan panduan psikiater yang benar. Tapi juga membutuhkan asupan nutrisi yang dapat membuat pemulihan tubuh ibu berlangsung lebih cepat dan tepat. "Ibu hamil di negara Amerika kekurangan lemak omega-3," kata dokter Jill Mallory, seorang dokter keluarga yang mempraktekkan pendekatan pengobatan integratif. Asam lemak omega-3 adalah DHA atau docosahexaenoic acid yang dapat ditemukan umumnya pada ikan tuna dan salmon, maupun ganggang laut.
Dalam penelitian lain yang jauh sebelumnya dilakukan, plasenta terbukti mendorong perpindahan DHA dari ibu pada bayi. Menurut Mallory, hal ini terjadi karena lemak tersebut diserap bayi untuk pertumbuhan otak dan mata, sehingga pada wanita pasca melahirkan perlu mengembalikan kadar tersebut dalam tubuh. Hal ini mejeleaskan bagaimana penurunan depresi dapat dilakukan dengan menaikkan asupan DHA pada ibu, dan jumlah DHA dalam ASI berhubungan dengan depresi postpartum dan terutama mengkonsumsi ikan yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar